MENGAPA HARUS ORGANIK?

Ada beberapa hal mengapa kita harus mengkonsumsi makanan organik
  1. Untuk menjadi sehat minimal kita dapat mulai dengan apa yang kita makan sehari-hari, terutama nasi. Bayangkan berapa milli gram resedu kimia yang merugikan masuk dalam tubuh kita setiap hari melalui nasi (beras) non organik tersebut.
  2. Semua panganan yang dibudidaya secara konvensional sudah pasti menggunakan pestisida sintetis/kimia. Semua jenis pestisida merupakan bahan Karsinogenic (zat yang ditimbulkan karena pembakaran yang bisa merangsang tumbuhnya kanker). Kalau kita memakan panganan yang demikian, secara tidak langsung sudah mengkonsumsi bahan-bahan kimia.
  3. Anak-anak mudah terserang racun daripada orang dewasa. Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 1980-an menyimpulkan, rata-rata, anak-anak terkena bahan beracun penyebab kanker empat kali lebih banyak dari pada orang dewasa, dimana sebagian berasal dari jenis makanan anak-anak yang mereka makan. Memilih makanan memiliki sebuah efek penting bagi kesehatan anak di masa depan.
  4. Dengan mengkonsumsi pangan organik berarti kita ikut serta dalam pemulihan ekosistem yang telah rusak serta berperan serta secara aktif menjaga keseimbangan alam. Artinya, kita juga telah berperan penting dalam melindungi kualitas air, udara dan tanah.
  5. Dengan mengkonsumsi produk organik berarti turut melindungi kesehatan pekerja pertanian kita dan membantu perjuangan mereka bagi sebuah lingkungan kerja yang sehat.
  6. Secara tidak langsung kita telah membantu dan mendukung para petani lokal bersakala kecil dalam mencapai ketahanan pangan.
  7. Produk organik sebenarnya tidak mahal. Banyak biaya tersembunyi jika kita membeli produk-produk yang diproduksi secara konvensional. Seorang ibu berkomentar, “Semenjak makan beras organik, keluhan rasa sakit mulai berkurang. Jadi kami bisa menghemat uang untuk berobat ke dokter. Produk organik lebih tahan lama, tidak cepat basi, begitupun berasnya, tidak cepat bau apek, sehingga saya dapat menyimpan sayuran organik dan berasnya lebih lama. Inikan dapat menghemat uang belanja!".
  8. Kualitas rasa pangan organik lebih baik. Menurut orang yang terbiasa mengkonsumsi pangan organik, terasa lebih manis dan renyah, dan kesegarannya juga lebih beraroma wangi, empuk, dan lebih awet.