BIKIN KOMPOS BERAROMA BUAH, YUK!

Kompos yang ini cara pembuatannya bukan seperti kompos-kompos pada umumnya. Ini adalah kompos yang berbentuk cair. Boleh juga sih dibilang, bahwa ini adalah pupuk cair. Bahan utamanya cukup buah-buahan. Boleh buah apa saja yang penting sudah matang dan mengeluarkan aroma wangi.

Cara pembuatanya cukup dengan rumus 1-2-3. Maksudnya, 1 kg buah diblender, diparut atau diapakan sajalah yang penting hancur. 2 ons gula merah diris tipis dan 3 liter air bersih (tidak mengandung racun).

Aduk gula merah dan air dalam wadah plastik sampai gulanya larut. Masukan buah yang sudah dihancurkan kedalam wadah yang sama dan tutup rapat. Jangan lupa, setiap 2 hari sekali campuran bahan kompos tadi harus diaduk. Dalam waktu satu bulan, ditandai dengan adanya buih berwarna putih, kompos aroma buah ini sudah bisa dipanen dengan cara menyaringnya. Ampasnya jangan dibuang, gunakan saja untuk pupuk juga.

Dalam pengaplikasiannya bisa dengan dua cara, disiramkan atau disemprotkan ke media tanam/tanah dengan dosis 20 ml/liter air.